Senin, 03 Desember 2012

IMPACT OF TECHNOLOGY ON HUMAN LIFE


         Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia.
            
               Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia. Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia”
Pengertian teknologi secara umum adalah:
· proses yang meningkatkan nilai tambah
· produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
· Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan
Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu . Jadi dampak teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia.
               Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. dan Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.
               Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

sad indeed


 Ketidak yamanan ini sllu membawa  dalam Kegelisahan dimana tidak ada, ada ketenangan hati yang di dasari kejiwaan tentang rasa kemanusian yang semestinya  terasakan seperti  hal-nya kebayakan  orang merasakan di saat masa-masa  yang seharusnya . . .
Oh teryata ini hayalah masa dimana mungkin yang harus di  jalani tak seperti  Yang Harus semest-nya .
Jati diri bukanlah tempat dimana  harus mendaptkan dengan yang di  inginkan ,
Namun kesadaran hati lah yang harus di  pelajari dengan penuh perhatian,  untuk apa dan yang harus ter- kejar dalam hidup ini , oh memanglah sedih , tapi ini lah  bukti yata yang harus di  jalani untuk   waktu yang  harus di  lewati ,  kesadaran hati  adalah kunci penting untuk membuka  akan apa yang teringinkaan kelak  untuk hari esok  di kehidupan   baru mu kelak , ,
Ingat akan seamua yang menjadi niat dan keinginan maupun cita-cita dimana kalian harus  ter-tuliskan dalam stuktur  hidup kalian yang mana akan menggugah kembali  semangat mu , yang  harus terbuktikan kedalam kenyataan yang di bangun dalam mimpi  mu.. . . . .
Kita berbicara tentang keadilan tak akan pernah habis untuk kita bahas.
Kecendrungan orang  pada masa itu harus terlewatkn dngan sebaik mungkin memanpaatkannya `
Oh tak ada lagi jalan , jangan teruslah bersikap seperti ini , yang akan bisa merusak secara perlahan dan merobah pemikiran- pemikiran dari bukti yang haarus kmu selesaikan ,
  dengan kebiasaan ini dan adapun pepatah mengatakan  tentang  semua ,
Ubahlah dirimu sebelum kalian merubah dunia ini . .
Sewaktu- dimana kalian  akan  bisa merubah dunia ini setelaah kau rubah dirimu sendiri ....
Jangan lah berputus asa , hidup hidup hidup.
Sebelum mati kalian  harus bisa hidup menjadi lebih  hidup,
Dan hidupilah dunia ini dengan hasil dari sikap perubahan yang  di aplikasiikan dengan merah , , semangat dan berani .
Hanyalah orang  cemen yang meninggalkan semua masalah tanpa ingin ada masalah satu pun  masalah yang ter-jalani  dalam hidup ini... !!!!!!!!!!!!!!!!!!


HISTORY OF EDUCATION CITY Purwakarta

HISTORY OF EDUCATION CITY Purwakarta

               Segala puji milik allah tuhan semesta alam, maha pengasih lagi maha pe-nyayang yang menguasai hari pembalasan. Pertama dengan ikut serta dari keingin tahuann-nya kepada hal apapun yang telah di anggap penting dan ingin kita ketahui, juga sebagai sumber daya manusia yang berpikiran kritis kepada hal-hal baru-nya. Dari hal ini mari kita untuk belajar mengetahui pendidikan-pendidikan dan budaya dalam sejarah kota kabupaten di nusantara Indonesia ini. Penulis mengajak kita untuk mengetahui dan juga sama-sama mempelajari lagi kebudayaan dan pendidikan di purwakarta.
              Tidak ada orang pintar dan bodoh dari setiap insaan, semua dimatanya adalah sama. Dan penuhilah 4 kebutuhan diri kita sebagai makhluk yang bersosial. Sehingga kita akan terus bisa dan selalu ber-pandangan positif juga jauh kedepan membawa harapan-harapan.
           Mengenal sedikit keadaan purwakarta pada dasarnya berada di wilayah letak stategis sebagai salah satu kabupaten di jawa barat. Purwakarta berada di posisi geograpis antara 6®25-6®40 lintang selatan dan 107®30-107®40 bujur timur. Mari kita mengenal budaya purwakarta, dari hasil pengetahuan penulis bahwa budaya masyarakat purwakarta pada umum-nya berdomisili di bagian tengah jawa barat dan pola kehidupan masyarakat di dominasikan oleh kultur budaya, budaya sunda. Kebudayaan masyarakat sangat erat dan kental kepada kebudayanan sunda sejak dulu, namun sejalan dengan perkembangan majunya era globalisasi teknologi, informasi dan komunikasi saat ini sangat berpengaruh besar pada kemorosotan akan ditinggalkanya dari kebudayaan-nya menuju  budaya asing yang terus meng-suplai masyarakat purwakarta, akan tetapi budaya masyarakat pada dasarnya tetap bernuasnsa budaya sunda dan budaya agama terutama budaya islam, mayoritas masyarakat purwakarta 99,46% adalah pemeluk agama islam (muslim). Hal ini didukung dan di tunjukan benar dengan keberadaan-nya sejumlah sarana pendidikan yang dibangun pemerintah juga masyarakat sekitar.
         Pendidikan, beralih menengok sejarah pendidikan yang ada di purwakarta, pendidikan, pendidikan pada dasarnya sangat penting untuk menumbuh kembangkan pengetahuan juga sebagai pandangan masyarakat, namun pendidikan membutuhkan sarana, juga sarana disini sangatlah penting untuk menunjang keterlaksanaanya proses pendidikan. Secara umum sarana atau tingkat pendidikan yang ada di purwakarta adalah sekolah-sekolah, masyarakat purwakarta mayoritas SD/MI sebagai tingkat pendidikan terbanyak dari pada penduduk yang mencapai tingkat pendidikan perguruan tinggi dan akademik/diploma hanya sedikit. Disinilah pergeseran budaya masyarakat purwakarta yang tidak begitu atau kurangnya kepedulian terhadap pendidikan. Padahal sarana formal yang tersedia sudah banyak dan kurang lebih-nya purwakarta memiliki sekolah dasar (SD) 446 unit, sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) 41 unit, sekolah menengah atas/umum (SMA/SMU) 18 unit dan perguruan tinggi dengan jenjang stara 1 memiliki 4 unit juga belum lagi banyak sekolah-sekolah kejuruan yang didirikan bayak yayasan atau sisebut swasta. Seharusnya ini menjadi bahan pemikiran masyarakat atau motivasi untuk merubah kebudayaan lama yang lupa akan pendidikan sebagai modal awal kita untuk bisa bersaing di dunia kerja, luar, pemerintah atau politik sekalipun dengan sudah mempunyainya bahan hasil pendidikan. Maka beranjak dari semua ini penulis mencoba kembali mengajak masyarakat terutama generasi yang ada sebagai penerus atau melanjutkan perjuangan para tokoh yang sudah berperan demi kemerdekaan nusantara indonisia.
       Ucapan kesan harus kita bawa kedalam hening pemikiran sebagai bahan pertimbangan, oh bahwa kita sebagai insah makhluk yang tidak ada keberhargaan di mata allah untuk kembali berkeinginan merubah pola paradigma berpikir sehingga ada satu harapan keinginan untuk menjadi seseorang yang hidup artinya hidup ini sangat luas untuk kita ketahui, dengan bekal ke ilmuan kita, maka kita akan bisa lebih bijak dan mem-pertimbangkan apapun itu di hadapan kita. Ber-bersyukurlah jika rekan semua sudah berpikiran untuk ingin menjadi indipidu yang berwawasan luas dan berpendidikan tinggi.